Kenali Sifat Dan Ciri-Ciri Laki-Laki Sholeh


Sifat Dan Ciri-Ciri Laki-Laki Soleh - Jika seorang laki-laki ingin mendapatkan seorang istri yang baik dan sholehah. maka milikilah sifat-sifat yang baik karena sesungguhnya laki-laki yang baik akan mendapatkan wanita yang baik pula. Adapun ciri dan sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang laki-laki sholeh adalah sebagai berikut

 1. Memiliki Pegangan Agama Yang Kuat

Ketika pegangan agama yang kuat ada dalam diri laki-laki, maka semua hal akan mengikutinya. Selalu menjaga ketaatannya kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW, menjaga shalatnya yang dilakukan berjamaah dan tepat waktu karena laki-laki dianjurkan untuk shalat berjamaah di masjid, menjalankan amalan-amalan sunnah, rajin dalam beribadah dan menuntut ilmu juga selalu memelihara diri dari perbuatan yang dibenci oleh Allah SWT. Insya Allah ketika laki-laki memiliki teguhan iman yang kuat dan bertaqwa kepada Allah SWT, ia akan bersinar dan memiliki wajah yang tenang. Laki-laki yng seperti ini tentu amat sangat didambakan oleh semua wanita sholehah.


2. Berakhlakul Karimah

Laki-laki yang berakhlak baik. Akhlak merupakan cerminan seseorang, jika akhlaknya baik maka orang itu baik secara umum, jika akhlaknya buruk maka kejelekan pun akan melekat di mata umum.

3. Amanah

Laki-laki yang baik dan Sholeh harus mempunyai sifat amanah, tidak mengabaikan tugas yang telah diberikan kepadanya dan tidak menyalahgunakan kedudukan atau kekuasaannya.

4. Sabar Dan Ikhlas

Memiliki hati yang sabar dan ikhlas dalam menerima segala ujian dari Allah SWT. Bukan marah-marah, lemah apalagi sampai berputus asa. Laki-laki yang baik dan sholeh selalu yakin bahwa Allah selalu bersama orang-orang yang bertaqwa.

5. Rendah Hati Dan Pemaaf

Tidak sombong dan selalu menjaga lisannya dengan berkata santun, tidak kasar, tidak membanggakan diri dan selalu rendah hati pada siapapun serta selalu memaafkan kesalahan oran lain.

6. Bergaul Dengan Orang-Orang Sholeh

Bergaul dengan orang-orang yang selalu mengajak kebaikan, berkumpul di masjid, melakukan zikir bersama, menjauhkan diri dari pergaulan bebas, bukan bergaul dengan orang-orang yang selalu melalaikan perintah agama dan berbuat maksiat.

7. Bertanggung Jawab

Bagaimana cara melihat seorang laki-laki yang bertanggung jawab? Hal tersebut bisa kita lihat dari kehidupannya sehari-hari. Bagaimana dia memperlakukan kedua orang tuanya, orang-orang terdekatnya juga terhadap apa yang dia lakukan. Laki-laki sholeh tidak mungkin mengabaikan hak dan kewajibannya, baik terhadap rabbnya, pekerjaannya, dirinya sendiri maupun terhadap orang lain.

8. Menjaga Pandangan

Laki-laki sholeh selalu menjaga pandangannya dari perbuatan maksiat, tidak melihat sesuatu yang belum halal dan menatap wanita yang bukan muhrimnya apalagi sampai melakukan hal-hal yang tidak senonoh. Bukan mata saja, tetapi juga menjaga tangan, hati dan juga pikirannya dari hal-hal yang tidak dianjurkan oleh agama.

9. Memiliki Cinta Dan Kasih Sayang

Laku-laki yang sholeh tentu memiliki hati yang luas dan juga penuh dengan cinta dan kasih sayang. Hal tersebut dapat kita lihat dari bagaimana dia memperlakukan orang tuanya, saudara-saudaranya serta orang-orang mukmin lainnya. Sungguh luar biasa, jika seorang laki-laki mempunyai tanggung jawab,cinta dan kasih sayang serta penuh dengan perhatian.

Mungkin masih banyak lagi sifat-sifat lain yang harus dimiliki laki-laki sholeh, semoga sedikit tulisan tentang ciri dan sifat-sifat laki-laki sholeh ini menjadi inspirasi bagi kita.




LANGGANAN ARTIKEL GRATIS
Dapatkan Artikel Terbaru Disini !
Masukkan email anda di bawah ini , maka anda akan mendapatkan kiriman terbaru dari KUMBERCER secara gratis via email. Terimakasih.

0 Response to "Kenali Sifat Dan Ciri-Ciri Laki-Laki Sholeh"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak...!