Nama-Nama Surga Dan Neraka Lengkap Beserta Pengertiannya


Nama-Nama Surga Dan Neraka Beserta Pengertiannya - Surga Dan Neraka merupakan tempat kembalinya manusia kelak di akhirat, disanalah kehidupan yang kekal abadi selamanya. Dunia hanyalah tempat tinggal sementara, karenanya kita sebagai hamba Allah harus berlomba-lomba untuk mendapatkan kehidupan yang layak kelak di akhirat, yakni surga.

Pada kesempatan kali ini Kumbercer akan mencoba membahas tentang nama-nama surga dan neraka lengkap beserta pengertiannya, berikut penjelasannya.

Pengertian Surga

Surga adalah tempat bagi orang-orang yang ikhlas beribadah, beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Surga merupakan suatu tempat di akhirat yang penuh dengan kesenangan dan kegembiraan. Kesenangan dan kegembiraan di surga tidak dapat dibandingkan dengan kesenangan dan kegembiraan di dunia, keindahan di dunia tidak dapat disamakan dengan keindahan yang ada di surga.


Nama-Nama Surga
  • Jannatul Firdaus : Surga yang terbuat dari emas merah
  • Jannatul 'Adn : Surga yang terbuat dari intan putih 
  • Jannatun Na'iim : Surga yang terbuat dari perak putih
  • Jannatul Khuldi : Surga yang terbuat dari marjan yang berwarna merah dan kuning
  • Jannatul Ma'wa : Surga yang terbuat dari zabarjud hijau
  • Darus Salaam : Surga yang terbuat dari yakut merah
  • Darul Jalal : Surga yang terbuat dari mutiara putih
  • Darul Qarar : Surga yang terbuat dari emas merah

Pengertian Neraka

Neraka ialah sebutan dari suatu tempat yang penuh dengan penderitaan, siksaan bagi orang-orang yang durhaka kepada Allah SWT dan tidak taat kepada-Nya. Neraka merupakan balasan buruk bagi orang yang selama hidupnya di dunia mengingkari hukum-hukum Allah SWT, Allah berfirman ;

"Maka adapun orang-orang yang sengsara, maka (tempatnya) di dalam neraka, disana mereka mengeluarkan dan menarik napas dengan merintih, mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain). Sungguh Tuhanmu Maha Pelaksana terhadap apa yang Dia kehendaki" (QS. Hud : 106-107).

Neraka adalah suatu tempat di akhirat yang sangat tidak menyenangkan, tempat yang di peruntukan bagi orang-orang yang melanggar perintah Allah SWT.

Nama-Nama Neraka


  • Neraka Hawiyah
Diperuntukan atas orang-orang yang ringan timbangan amalnya. yaitu mereka yang selama hidup di dunia mengerjakan kebaikan bercampur keburukan. Orang muslim laki-laki maupun perempuan yang perbuatan sehari-harinya tidak sesuai dengan ajaran Islam, maka Hawiyah sebagai tempat tinggalnya. Mereka ini yaitu orang yang tidak mau menerima syariat Islam, tidak mau memaki jilbab (bagi perempuan), memakai sutra dan emas (bagi laki-laki), mencari rejeki dengan cara tidak halal, memakan riba dan sebagainya (QS. Al-Qori'ah : 8-11)
  • Neraka Jahim
Neraka sebagai tempat penyiksaan atas orang-orang musyrik atau orang-orang yang menyekutukan Allah. maka sesembahan mereka akan datang untuk menyiksa mereka. Syirik disebut sebagai dosa yang paling besar menurut Allah, karena syirik berarti menyekutukan Allah atau menganggap ada makhluk yang lebih hebat dan berkuasa sehebat Allah. Syirik dapat pula berarti menganggap ada Tuhan lain selain Allah (QS. As-Syu'araa :91), (QS. Asy-Syu'ara), (QS. As-Saffat)
  • Neraka Saqar
Tempat untuk orang-orang munafik, yaitu orang-orang yang mendustakan (tidak mentaati) perintah Allah dan Rasulullah. Mereka mengetahui bahwa Allah telah menentukan hukum Islam melalui lisan Nabi Muhammad SAW, tetapi mereka meremehkan syariat (hukum) Islam. Maka dibakar dalam api adalah hukuman bagi mereka. (QS. Al-Muddatsir : 26-27)
  • Neraka Lazza
Neraka yang apinya bergejolak dan bisa mengelupaskan kulit kepala (QS. Al Ma'aarij : 15-18)
  • Neraka Huthamah
Diperuntukan bagi orang yang suka mengumpulkan harta, serakah dan suka menghina orang-orang miskin. Mereka berpaling dari agama, tidak mau bersedekah dan tidak mau pula membayar zakat. Mereka juga memasang wajah masam apabila ada orang miskin yang meminta bantuan. Maka Allah membalas dengan menyiksa mereka dengan cara menguliti dan mengelupaskan kulit muka mereka serta membakar mereka semua. (QS. Al- Humazah)
  • Neraka Sair
Diperuntukan bagi orang-orang kafir, dan orang yang suka memakan harta anak yatim. Kafir bersal dari kata kufur yang berarti ingkar atau menolak, sehingga kafir dapat diartikan menolak adanya Allah ata membantah perintah Allah dan Rasul-Nya. Jadi manusia kafir itu terdiri dari : Orang yang bukan beragama Islam atau orang yang tidak mau membaca syahadat, orang Islam yang tidak mau shalat, orang Islam yang tidak mau puasa, orang Islam yang tidak mau berzakat (QS. An-Nisa : 10), (QS. Al-Mulk : 5,10,11)

  • Neraka Wail
Diperuntukan bagi para pengusaha dan pedagang yang culas, mengurangi timbangan, mencalo barang dagangan untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat. Maka dagangan mereka dibakar dan dimasukan kedalam perut mereka sebagai azab atas dosa-dosa mereka (QS. Al-Tatfif dan At-Tur) Nama neraka ini tercantum dalam QS. Al-Muthaffifin : 1-3)
  • Neraka Jahanam
Merupakan neraka yang paling dalam dan berat siksaannya (QS. Al-Hijr : 43-44)
"Bahwasannya orang-orang kafir dan orang aniaya itu tidak akan di ampuni Allah dan tidak pula di tunjuki jalan, melainkan jalan ke Neraka Jahanam. Mereka kekal dalam neraka itu selama-lamanya (QS. An-Nisa : 169)




LANGGANAN ARTIKEL GRATIS
Dapatkan Artikel Terbaru Disini !
Masukkan email anda di bawah ini , maka anda akan mendapatkan kiriman terbaru dari KUMBERCER secara gratis via email. Terimakasih.

1 Response to "Nama-Nama Surga Dan Neraka Lengkap Beserta Pengertiannya"