Cerita Si Kancil Dan Kura-Kura


Cerita Si Kancil Dan Kura-Kura - Si Kancil dan Kura-kura telah lama bersahabat. Pada suatu hari, mereka pergi menangkap ikan di suatu danau. Di tengah perjalanan, mereka bertemu dengan Kijang yang ingin ikut serta. Kemudian mereka bertiga pun meneruskan perjalanan.

Sampailah mereka di sebuah bukit, mereka bertiga bertemu dengan Rusa yang ingin ikut juga. dan akhirnya Rusa pun masuk dalam rombongan. Dalam perjalanan di sebuah lembah, mereka berjumpa dengan Babi Hutan.

"Apakah aku boleh ikut bersama kalian?" tanya Babi Hutan.

"Tentu saja boleh, kamu boleh bergabung bersama kami" jawab Kura-kura.

Setiba di bukit yang berikutnya, bergabung pula Badak, Banteng, Beruang, Kerbau dan Gajah. Mereka berbaris berjalan beriringan mengikuti si Kancil, dan akhirnya mereka tiba di danau yang menjadi tujuan. Mereka semua memancing, dan banyak sekali ikan yang berhasil mereka tangkap.


Ikan kemudian disalai dan mengasapinya dengan bara api sampai kering. Keesokkan harinya, Beruang bertugas menjaga ikan-ikan ketika yang lainnya sedang pergi menangkap ikan. Tiba-tiba seekor Harimau datang mendekat, lalu Beruang dan Harimau terlibat dalam perkelahian seru. Beruang jatuh pingsan dan ikan-ikan habis di santap oleh si Harimau. Berturut-turut kemudian mereka mendapat giliran menjaga ikan-ikan semuanya menyerah, kalah sama si Harimau.

Sekarang tinggal si Kancil dan Kura-kura yang belum mendapat giliran menjaga ikan-ikan. Karena Kura-kura dianggap tidak akan mampu melawan si Harimau, maka diputuskanlah si Kancil yang akan menjaga ikan-ikan tersebut.

Sebelum teman-temannya pergi untuk menangkap ikan, si Kancil meminta teman-temannya mengumpulkan rotan sebanyak-banyaknya. Lalu masing-masing dipotong kira-kira satu hasta. Kemudian si Kancil sibuk membuat gelang kaki, gelang badan, gelang lutut dan gelang leher.

Sebentar-sebentar si Kancil memandang ke langit seolah-olah ada yang diperhatikannya. Harimau terheran-heran, lalu perlahan-lahan ia mendekati si Kancil. Namun, si Kancil pura-pura tidak memperdulikan si Harimau.

"Buat apa gelang-gelang yang bertumpuk itu, cil?" tanya si Harimau.

"Siapa yang memakai gelang-gelang ini dapat melihat apa yang sedang terjadi di langit!" jawab si Kancil.

Lalu dia menengadah sambil seolah-olah sedang menikmati pemandangan di atas. Muncul keinginan Harimau untuk dapat juga melihat apa yang sedang terjadi di langit.

Bukan main gembiranya si Kancil saat mendengar permintaan si Harimau. Kancil meminta si Harimau duduk di tanah dan melipat tangan serta kakinya. lalu di lingkarinya kedua tangan, kaki dan leher si Harimau dengan gelang-gelang rotan sebanyak-banyaknya hingga si Harimau tidak dapat bergerak lagi.

Setelah dirasa cukup, rombongan si Kancil berniat kembali pulang ke rumah. Akan tetapi, mereka bertengkar mengenai bagian masing-masing. Mereka berpendapat, siapa yang berbadan besar akan mendapatkan bagian yang besar pula.

Si Kancil sebenarnya tidak setuju dengan usulan tersebut, kemudian si Kancil mencari akal. Tiba-tiba melompat dan memberi tanda bahwa bahaya akan datang. Mereka semua ketakutan dan terbirit-birit melarikan diri. Ada yang jatuh tunggng langgang, ada yang terperosok ke dalam lubang dan ada pula yang tersangkut di akar-akar pohon. Hanya si Kancil dan Kura-kura yang tidak lari, lalu si Kancil dan Kura-kura pulang dengan berjalan berdendang sambil membawa banyak sekali bungkusan ikan.

Pesan moral :
"Kecerdikan bisa membawa kita keluar dari masalah. Namun, gunakanlah kecerdikan itu dalam jalan yang benar"




LANGGANAN ARTIKEL GRATIS
Dapatkan Artikel Terbaru Disini !
Masukkan email anda di bawah ini , maka anda akan mendapatkan kiriman terbaru dari KUMBERCER secara gratis via email. Terimakasih.

1 Response to "Cerita Si Kancil Dan Kura-Kura"

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    ReplyDelete