Kenali Ciri Dan Sifat-Sifat Wanita Sholehah


Ciri Dan Sifat-Sifat Wanita Solehah - Setelah sebelumnya mengenali ciri dan sifat-sifat laki-laki sholeh, sekarang saatnya kita mengenali ciri dan sifat-sifat wanita sholehah. Tidak jauh berbeda dengan laki-laki sholeh, wanita pun harus mempunyai sifat-sifat yang mencerminkan seorang wanita sholehah, baik secara pribadi maupun umum.

"Dunia itu adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah" (HR. Muslim)

Penting sekali untuk para istri maupun calon istri mengetahui apa yang disukai oleh suaminya, banyak ciri dan sifat-sifat wanita sholehah yang di dambakan oleh para suami. Agar dalam menjalani biduk rumah tangga berjalan harmonis, sakinah, mawaddah dan warrohmah, para wanita harus memiliki sifat sifat seperti dibawah ini. Tidak hanya seorang istri, seorang suami pun harus menjadi imam rumah tangga yang baik bagi keluarganya. Berikut ciri dan sifat-sifat wanita sholehah.


 1. Paham Akan Agamanya

Rasulullah SAW mengancam dan melarang laki-laki menikahi perempuan bukan karena agamanya.

"Jangan kalian mengawini wanita karena kecantikannya, bisa jadi kecantikannya akan membuatnya sombong. Dan jangan pula karena hartanya, bisa jadi kekayaannya membuat dia melawan, tetapi kawinilah wanita karena agamanya. Sesungguhnya hamba sahaya yang hitam lagi pesek namun beragama itu lebih baik" (HR. Ibnu Majah).

"Wanita yang dinikahi karena empat faktor, yaitu karena hartanya, nasabnya, kecantikannya dan karena agamanya. Maka dapatkanlah wanita yang taat beragama, niscaya kamu akan beruntung" (HR. Bukhari dan Muslim).

2.  Mampu Menjaga Aib Dan Rahasia Suami

Seorang istri yang baik akan selalu menjaga rahasia suaminya, karena itu merupakan aib bagi suaminya.

3. Memberi Perhatian Kepada Suami

Berikanlah perhatian sekecil apapun kepada suami, seperti menyiapkan pakaian, membereskan tempat tidur, memberikan senyuman, mencium tangan dan lain sebagainya.

4. Berakhlakul Karimah

Senantiasa selalu menjaga tutur bahasanya, santun dalam berbicara, lemah lembut dan berperilaku sopan terhadap suami.

5. Penuh Kasih Sayang

Akan sangat berharga ketik pasangan memiliki sifat yang penuh kasih sayang, karena sifat ini dibutuhkan agar ketentraman jiwa terpenuhi.

6.Tidak Keluar Rumah Tanpa Izin Suami

Seorang istri harus bisa menjaga kehormatan dirinya, usahakan pada saat akan keluar rumah harus ada izin dari suami terlebih jika keluar rumah berkumpul untuk menggunjing orang lain.

7. Menerima Dan Menghargai Pemberian Suami

Sekecil apapun pemberian suami, hendaknya seorang istri menerimanya dengan ikhlas.

8. Tidak membantah Perkataan Suami

Seorang istri hendaknya tidak membantah perkataan suami kecuali jika perkataannya salah dan menyesatkan. Jika ada yang tidak berkenan, sebaiknya dibicarakan secara baik-baik dan lemah lembut sehingga tidak menimbulkan pertengkaran.

9.Ikhlas Melayani Suami

Jangan pernah menolak ajakan suami untuk bersenggama kecuali sedang dalam keadaan haid.




LANGGANAN ARTIKEL GRATIS
Dapatkan Artikel Terbaru Disini !
Masukkan email anda di bawah ini , maka anda akan mendapatkan kiriman terbaru dari KUMBERCER secara gratis via email. Terimakasih.

1 Response to "Kenali Ciri Dan Sifat-Sifat Wanita Sholehah"