Mengungkap Fakta Mitos Kuntilanak


Mengungkap Fakta Mitos Kuntilanak - Kuntilanak (bahasa melayu pontianak atau puntianak atau sering di singkat kunti) adalah hantu yang di percaya berasal dari perempuan hamil yang meninggal dunia, akan tetapi anak tersebut belum sempat dilahirkan. Nama "puntianak" singkatan dari "perempuan mati beranak"

Berdasarkan kepercayaan dan tradisi masyarakat jawa, kuntilanak tidak akan mengganggu wanita hamil bila wanita tersebut selalu membawa paku, pisau dan gunting bila bepergian kemana saja. Hal ini menyebabkan seringnya ditemui kebiasaan meletakkan gunting, jarum dan pisau di dekat tempat tidur bayi.

Menurut kepercayaan masyarakat melayu, benda tajam seperti paku bisa menangkal serangan kuntilanak. Ketika kuntilanak menyerang, paku di tancapkan di lubang yang ada di belakang leher kuntilanak. Sementara dalam kepercayaan masyarakat Indonesia lainnya, lokasi untuk menancapkan paku ada di bagian atas atau ubun-ubun kuntilanak.

Di dalam kepercayaan agama samawi (Islam, Nasrani/Kristen, Yahudi) kuntilanak termasuk dari golongan jin kafir/syaitan. Di dalan Islam kuntilanak termasuk dalam golongan jin dari jenis Haffaf (jin yang suka mengganggu dan menakut-nakuti manusia) dan arwah (jin yang mengaku-ngaku sebagai orang yang telah tiada).


Adapun cara menangkal menurut agama samawi yaitu dengan cara berdoa terlebih dahulu sebelum bepergian, selalu mengingat sang pencipta menurut kepercayaan masing-masing. Contoh di dalam Islam selalu berdoa sebelum bepergian, selalu mengingat Allah SWT, selalu beribadah dan mengikuti perintah Allah SWT serta mengikuti sunnah Rasulullah SAW.

Adapun cara menangkal jin dalam Islam seperti yang ada di dalam hadist dan al-qur'an.

"...pagi berikutnya Rasulullah SAW berkata, 'Apa yang di lakukan tawananmu semalam?' Aku menjawab, 'Ia mengajariku beberapa kalimat dengan itu Allah akan memberikan keuntungan padaku, sehingga aku biarkan dia pergi' ketika Rasulullah menanyakan kalimat apa itu, aku mengatakan kepadanya bahwa itu adalah ayat kursi untuk dibaca sebelum pergi tidur. Aku juga mengatakan pada dia bahwa orang itu berkata bahwa seorang penjaga dari Allah akan mendampingiku dan setan tidak akan mendampingiku sampai aku bangun di pagi hari.'

Nabi saw berkata, 'Sesungguhnya ia berkata benar, meskipun ia seorang pembohong yang terpaksa. Wahai Abu Hurairoh! tahukah kamu dengan siapa engkau berbicara pada tiga malam lalu itu? 'Aku menjawab tidak' Dia saw menjawab, 'Itu adalah jin dari golongan setan'." (HR. Bukhori).

"Jangan jadikan rumahmu seperti kuburan, sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang selalu dibacakan di dalamnya surat Al Baqarah." (HR. Muslim)"




LANGGANAN ARTIKEL GRATIS
Dapatkan Artikel Terbaru Disini !
Masukkan email anda di bawah ini , maka anda akan mendapatkan kiriman terbaru dari KUMBERCER secara gratis via email. Terimakasih.

0 Response to "Mengungkap Fakta Mitos Kuntilanak"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak...!