Tanda-Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar


Tanda-Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar - Seperti yang kita ketahui bahwa malam Lailatul Qadar adalah malam yang sangat istimewa bagi umat Islam di seluruh dunia. Setiap muslim tentunya sangat menginginkan keberkahan malam tersebut, siapa pun yang melakukan ibadah di malam itu maka pahalanya akan di lipatgandakan.

Keistimewaan Malam Lailatul Qadar dilukiskan dengan sangat indah, seperti firman Allah SWT :
"Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al-Qur'an pada malam kemuliaan. Tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar" (QS. Al Qadr : 1-5)

Walaupun banyak yang meyakini bahwa malam Lailatul Qadar datang pada malam ganjil di 10 malam terakhir ramadhan, namun tidak ada seorangpun mengetahui kapan malam Laitaul Qadar itu datang secara pasti. Akan tetapi dalam sejumlah riwayat, Nabi Muhammad SAW memberikan tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qadar, berikut ulasannya :


Tanda-Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar

1. Udara Dan Suasana Pagi Yang Tenang

Salah satu tanda datangnya malam Lailatul Qadar adalah suasana pagi yang tenang pada keesokan harinya. Dalam hadits yang diriwayatkan Ibnu Abbas, Nabi bersabda : "Lailatul Qadar adalah malam tentram dan tenang, tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin. Esok paginya sang surya terbit dengan sinar surya yang berwarna merah"

2. Matahari Cerah Namun Tidak Panas

Tanda lain datangnya malam Lailatul Qadar adalah sinar matahari yang bersinar cerah, namun lemah tidak panas pada keesokan harinya. Ubay bin Ka'ab mengisahkan, Nabi bersabda : "Keesokan hari malam Lailatul Qadar matahari terbit hingga tinggi tanpa sinar bak nampan"

3. Udara Terasa Tenang

Dalam Al-Qur'an digambarkan bahwa malam Lailatul Qadar penuh ketenangan. Suasana malam Lailatul Qadar sangat berbeda dari malam-malam lain, suasana lebih tenang, langit tidak berawan, udara sangat sejuk tidak panas dan tidak dingin.

"Lailatul Qadar adalah malam yang terang, tidak panas, tidak dingin, tidak ada awan, tidak hujan, tidak ada angin kencang dan tidak ada yang dilempar pada malam itu dengan bintang (lemparan meteor bagi setan)" (HR. at-Thobroni)

4. Bulan Terlihat Separuh

Dalam sebuah riwayat, Abu Hurairah pernah berdiskusi dengan Nabi Muhammad SAW tentang Lailatul Qadar. Dan Rasulullah bersabda : "Siapakah dari kalian yang masih ingat tatkala bulan muncul yang berukuran separuh nampan"

Baca juga
» Keistimewaan Dan Keutamaan Malam Lailatul Qadar
» Doa Malam Lailatul Qadar

5. Datang Di Malam Ganjil

Tanda lain Lailatul Qadar adalah datang pada malam ganjil pada sepertiga terakhir bulan ramadhan. Sebuah hadits dari Aisyah menyebutkan : "Rasulullah SAW beri'tikaf disepuluh hari terakhir bulan ramadhan dan beliau bersabda ; 'Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan ramadhan' " (HR. Bukhari dan Muslim)

Demikian tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qadar, semoga tanda-tanda tersebut memicu kita untuk bersemangat untuk mendapatkan malam Lailatul Qadar malam yang penuh dengan keberkahan...Amin..




LANGGANAN ARTIKEL GRATIS
Dapatkan Artikel Terbaru Disini !
Masukkan email anda di bawah ini , maka anda akan mendapatkan kiriman terbaru dari KUMBERCER secara gratis via email. Terimakasih.

0 Response to "Tanda-Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak...!