Keistimewaan Dan Keutamaan Malam Lailatul Qadar


Keistimewaan Dan Keutamaan Malam Lailatul Qadar - Seluruh umat Islam tentunya sudah mengetahui bahwa pada malam Lailatul Qadar terdapat keistimewaan dan keutamaan. Seperti yang pernah dijelaskan pada artikel sebelumnya tentang Pengertian Lailatul Qadar, bahwa malam Lailatul Qadar merupakan malam yang sangat penting yang terjadi di bulan ramadhan dan hanya akan kita dapatkan satu tahun sekali saja. Selain malam yang sangat penting yang terjadi di bulan ramadhan, ternyata pada malam Lailatul Qadar pun terdapat keistimewaan dan keutamaan. Apa saja keistimewaan dan keutamaan tersebut? Berikut ulasan tentang keistimewaan dan keutamaan malam Lailatul Qadar.


1. Waktu Diturunkannya Al-Qur'an

Lailatul Qadar adalah waktu diturunkannya Al-Qur'an. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas berbunyi : "Allah menurunkan Al-Qur'an secara utuh sekaligus dari Lauhul Mahfuzh ke Baitul 'Izzah yang ada di langit dunia, kemudian Allah menurunkan Al-Qur'an kepada Rasulullah secara terpisah sesuai dengan kejadian-kejadian yang terjadi selama 23 tahun" (Tafsir Al-Qur'an Al 'Azhim, 14 : 403).

2. Malam Penuh Kemuliaan Dan Keberkahan

Allah SWT berfirman : "Sesungguhnya Kami menurunkannya (Al-Qur'an) pada lailatul qadar (malam kemuliaan)" (QS. Al Qadr : 1)
Dan Firman Allah SWT : "Sesungguhnya Kami juga menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan (QS. Ad Dukhan : 3)

3. Turunnya Para Malaikat Dan Malaikat Jibril

Allah SWT berfirman : "Pada malam itu turun para malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan" (QS. Al Qdr : 4)

4. Malam Yang Lebih Baik Dari Seribu Bulan

Seperti yang telah dijelaskan dalam firman Allah SWT :
"Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan (QS. Al Qadr : 3)

Imam Mujahid, Qotadah dan ulama lainnya berpendapat bahwa yang dimaksud dengan lebih baik dari seribu bulan adalah shalat dan amalan pada malam Lailatul Qadar lebih baik dari shalat dan puasa di seribu bulan yang tidak terdapat di malam Lailatul Qadar.

5. Malam Kesejahteraan Hingga Terbit Fajar

Allah SWT berfirman : "Malam itu (penuh) kesejahteraan hingga terbit fajar (QS. Al Qadr : 5)

Menurut Tafsir Ibnu Katsir, malam Lailatul Qadar penuh keselamatan dimana setan tidak dapat berbuat apa-apa dimalam tersebut untuk mengganggu manusia. Di malam tersebut banyak yang selamat dari hukuman dan siksa karena mereka melakukan ketaatan kepada Allah SWT.

6. Malam Pencatatan Takdir Tahunan

Ibnu Katsir dalam tafsirnya menerangkan bahwa pada Lailatul Qadar akan dirinci di Lauhul Mahfuzh mengenai penulisan takdir dalam setahun, juga akan dicatat ajal dan rizki juga akan dicatat segala sesuatunya hingga akhir dalam setahun. Demikian diriwayatkan dari Ibnu 'Umar, Abu Malik, Mujahid, Adh Dhohak dan ulama salaf lainnya.

Namun perlu dicatat, sebagaimna keterangan dari Imam Nawawi Rahimahullah dalam Syarh Muslim (8:57) bahwa catatan takdir tahunan tersebut tentunya di dahului oleh ilmu dan penulisan Allah. Takdir ini nantinya akan di tampakkan pada malaikat dan ia akan mengetahui yang akan terjadi, lalu ia akan melakukan tugas yang diperintahkan untuknya.

Baca juga » Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan

7. Mendapatkan Pengampunan Atas Salah Dan Khilaf Yang Pernah Dilakukan

Dari Abu Hurairah, dari Nabi Salallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda "Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharapkan pahala dari Allah, maka dosa-dosnya yang telah lalu akan diampuni" (HR. Bukhari).

Demikian keistimewaan dan keutamaan malam Lailatul Qadar, semoga artikel ini dapat menambah ketebalan iman kita untuk dapat menjadi manusia yang lebih baik lagi. Kurang dan lebihnya saya mohon maaf.




LANGGANAN ARTIKEL GRATIS
Dapatkan Artikel Terbaru Disini !
Masukkan email anda di bawah ini , maka anda akan mendapatkan kiriman terbaru dari KUMBERCER secara gratis via email. Terimakasih.

0 Response to "Keistimewaan Dan Keutamaan Malam Lailatul Qadar"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak...!