Gambaran Surga Menurut Al-Qur'an


Gambaran Surga Menurut Al-Qur'an - Tujuan Allah SWT menciptakan alam dan seisinya adalah agar manusia dan seluruh makhluk-makhluk-Nya senantiasa menyembah dan bertaqwa kepada-Nya. Jika seorang muslim bertaqwa kepada Allah SWT dan menjauhi segala larangan-Nya. Insya Allah di hari kiamat kelak akan kekal di dalam surga. Surga menurut Al-Qur'an merupakan tempat yang diberikan Allah kepada hamba-hamba-Nya yang senantiasa taat dan patuh kepada-Nya. Di dalam surga terdapat banyak kenikmatan-kenikmatan yang kekal abadi, Adapun surat-surat dalam Al-Qur'an yang menjelaskan tentang keadaan surga adalah sebagai berikut :

"Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa itu berada dalam surga (taman-taman) dan (di dekat) mata air-mata air (yang mengalir). (Dikatakan kepada mereka) : Masuklah ke dalamnya dengan sejahtera lagi aman, dan Kami lenyapkan segala rasa dendam yang berada dalam hati mereka, sedang mereka merasa bersaudara duduk berhadap-hadapan di atas dipan-dipan. Mereka tidak merasa lelah di dalamnya dan mereka sekali-kali tidak akan dikeluarkan dari padanya" (QS. Al-Hijr : 45-48)


"Sesungguhnya Allah Memasukkan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang saleh ke dalam surga-surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai. Di surga itu mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas dan mutiara, dan pakaian mereka adalah sutera" (QS. Al-Hajj : 23)

"Sesungguhnya penghuni surga pada hari itu bersenang-senang dalam kesibukan (mereka). Mereka dan isteri-isteri mereka berada dalam tempat yang teduh, bertelekan di atas dipan-dipan. Di surga itu mereka memperoleh buah-buahan dan memperoleh apa yang mereka minta. (Kepada mereka dikatakan) : "Salam", sebagai ucapan selamat dari Tuhan Yang Maha Penyayang" (QS. Yaa-Siin : 55-58)

"Masuklah kamu ke dalam surga, kamu dan pasanganmu akan di gembirakan. Kepada mereka diedarkan piring-piring dan gelas-gelas dari emas, dan di dalam surga itu terdapat apa yang di inginkan oleh hati dan segala yang sedap (dipandang) mata, dan kamu kekal di dalamnya. Dan itulah surga yang diwariskan kepada kamu karena perbuatan yang telah kamu kerjakan. Di dalam surga itu terdapat banyak buah-buahan untukmu yang sebagiannya kamu makan" (QS. Ar Zukhruf : 70-73)

"Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa berada dalam tempat yang aman, (yaitu) di dalam taman-taman dan mata air-mata air. Mereka memakai sutera yang halus dan sutera yang tebal, (duduk) berhadap-hadapan, demikianlah, dan kami berikan kepada mereka bidadari. Di dalamnya mereka meminta segala macam buah-buahan dengan aman (dari segala kekhawatiran)" (QS. Ad-Dukhaan : 51-55)

Itulah gambaran surga yang terdapat dalam Al-Quran, dan akan di dapatkan apabila seorang muslim selalu bertaqwa dan taat kepada Allah SWT.

Sesungguhnya untuk mendapatkan surga sangatlah mudah, namun akan menjadi sangat susah apabila seorang muslim tidak mampu menahan segala hawa nafsunya. Terdapat beberapa hal jika seorang muslim benar-benar ingin menikmati surga-Nya Allah SWT, diantaranya adalah :

1. Berpegang Teguh Pada Al-Qur'an

Sebagaimana telah disebutkan, bahwa Al-Qur'an merupakan kitab suci umat Islam di seluruh dunia yang di dalamnya terdapat segala aturan-aturan hidup. Oleh karena itu, sebagai umat Islam yang beriman harus meyakini dan selalu berpegang teguh terhadap segala aspek yang terdapat di dalam Al-Qur'an.

2. Menjauhi Segala Larangan-Nya

Banyak hal dalam hidup ini yang harus kita hindari dan tidak melakukannya, karena menurut hukum Islam hal tersebut merupakan sesuatu yang di haramkan.

3. Amar Ma'ruf

Merupakan perilaku berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan. Kita wajib iri dengan keberhasilan seseorang, sehingga itu merupakan sebuah cambuk bagi seorang muslim untuk meninggalkan perbuatan-perbuatan yang tidak menghasilkan kebaikan guna mewujudkan mimpi-mimpinya itu. Iri dalam hal ini adalah yang bersifat positif, bukan iri karena merasa bangga apabila seseorang bersedih hati dan merasa sedih jika seseorang meraih kesuksesan.

Demikian gambaran surga menurut Al-Qur'an, semoga menjadi inspirasi agar menjadi lebih baik lagi...Amin.




LANGGANAN ARTIKEL GRATIS
Dapatkan Artikel Terbaru Disini !
Masukkan email anda di bawah ini , maka anda akan mendapatkan kiriman terbaru dari KUMBERCER secara gratis via email. Terimakasih.

0 Response to "Gambaran Surga Menurut Al-Qur'an"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak...!