Pengertian Dan Keistimewaan Puasa Ramadhan


Pengertin Dan Keistimewaan Puasa Ramadhan - Puasa Ramadhan merupakan puasa yang dilaksanakan pada bulan ramadhan. Menurut ajaran Islam, berpuasa dibulan ramadhan dapat menghapus kesalahan atau terampuni dosa yang telah diperbuat selama ini. Namun tentu saja berpuasa dibulan ramadhan harus dilakukan dengan iman dan mengharapkan pahala dari Allah SWT.

Puasa ramadhan merupakan rukun Islam yang keempat yang wajib dilaksanakan oleh seluruh umat muslim, jika tidak dilaksanakan maka seseorang tersebut akan berdosa.

Allah SWT berfirman :
"Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa (QS. Al-Baqarah 2 : 183).

Puasa ramadhan dilaksanakan dari mulai fajar hingga terbenam matahari, dibulan ramadhan ini seluruh umat Islam diwajibkan berpuasa jika tidak mampu maka diharuskan untuk mengganti puasa tersebut pada hari-hari yang lain.


Selain wajib dilaksanakan, ternyata puasa ramadhan pun mempunyai keistimewaan. Apa saja keistimewaan berpuasa di bulan ramadhan? Berikut ulasannya.

Keistimewaan Puasa Ramadhan

1. Puasa Adalah Perisai

Rasulullah SAW bersabda :
"Puasa adalah perisai yang dapat melindungi seorang hamba dari api neraka"
(HR. Ahmad dan Baihaqi dihasankan oleh Syaikh Albani dalam Shohihul Jami)

2. Orang Yang Berpuasa Akan Mendapatkan Pahala Yang Tak Terhingga

3. Orang Yang Berpuasa Akan Mendapatkan Dua Kebahagiaan

4. Bau Mulut Orang Yang Berpuasa Dihadapan Allah Lebih Harum Dari Misik/Kasturi

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda :
"Allah berfirman : 'Setiap amal anak Adam adalah untuknya kecuali puasa. Puasa tersebut adalah untuk-Ku dan Aku akan membalasnya. Puasa adalah perisai. Apabila salah seorang dari kalian berpuasa, maka janganlah berkata kotor, jangan pula berteriak-teriak. Jika ada seseorang yang mencaci dan mengajak berkelahi, maka katakanlah "saya sedang berpuasa". Demi dzat dan jiwa Muhammad berada di tangan-Nya. Sesungguhnya bau mulut orang yang berpuasa lebih harum dihadapan Allah pada hari kiamat daripada bau misik/kasturi. Dan bagi orang-orang yang berpuasa ada dua kegembiraan, ketika berbuka mereka bergembira dengan bukanya dan ketika bertemu Allah mereka bergembira karena puasanya."
(HR. Bukhari dan Muslim).

5. Puasa Akan Memberi Syafa'at Bagi Orang Yang Menjalankannya

Rasulullah SAW bersabda :
"Puasa dan Al-Quran itu akan memberikan Syafa'at kepada seseorang pada hari kiamat nanti. Puasa akan berkata, 'Wahai Tuhanku, saya telah menahannya dari lapar dan nafsu syahwat karenanya perkenankan saya untuk memberi syafa'at kepadanya.' Dan Al-Qur'an jug berkata, 'Saya telah melarangnya dari tidur pada malam hari, karena itu perkenankan saya memberi syafa'at kepadanya.' Beliau bersabda : 'Maka syafa'at keduanya diperkenankan'." (HR. Ahmad, Hakim, Thabrani periwayatnya shahih sebagaimana diriwayatkan oleh Al Haytsami dalam Muzma'ul Zawaid).

6. Orang Yang Berpuasa Akan Mendapat Pengampunan Dosa

Abu Hurairah ra berkata Rasulullah SAW bersabda :
"Barang siapa yang berpuasa di bulan ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah SWT, maka dosanya di masa lalu akan diampuni" (HR. Bukhari dan Muslim)

Baca juga » Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan

7. Orang Yang Berpuasa Akan Disediakan Ar Royyaan

Sahl bin Sa'd ra berkata Rasulullah SAW bersabda :
"Sesungguhnya di surga ada sebuah pintu yang bernama Ar Royyaan. Pada hari kiamat, orang-orang yang berpuasa akan masuk surga melalui pintu tersebut dan tidak ada seorangpun yang bisa masuk melalui pintu tersebut kecuali mereka. Dikatakan kepada mereka 'Dimana orang-orang yang berpuas?' Maka orang-orang yang berpuasa pun berdiri. Jika mereka sudah masuk, pintu tersebut ditutup dan tidak ada lagi seorangpun yang bisa masuk melalui pintu tersebut." (HR. Bukhari dan Muslim)

Demikian pengertian dan keistimewaan puasa ramadhan, semoga setelah mengetahui semua keistimewaan berpuasa di bulan suci ramadhan ini, akan menambah kita untuk lebih bersemangat menjalankan ibadah puasanya dan tentu saja dengan iman serta ketaqwaan juga dengan mengharapkan pahala dari Allah SWT. Amin...




LANGGANAN ARTIKEL GRATIS
Dapatkan Artikel Terbaru Disini !
Masukkan email anda di bawah ini , maka anda akan mendapatkan kiriman terbaru dari KUMBERCER secara gratis via email. Terimakasih.

0 Response to "Pengertian Dan Keistimewaan Puasa Ramadhan"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dengan Bijak...!